Rabu, 23 Mei 2012



Kuliah IT Nurul Fikri, Jago Linux - Pengumuman UAN SMA / MA / SMK telah tiba, sebagian dari teman kita masih ada yang galau akan melanjutkan kuliah dimana. Ets, tapi ga usah bingung kawan. kalian bisa melanjutkan kuliah kamu di Kuliah IT Nurul Fikri atau biasa disebut dengan "Kampus Linux". Dengan Kuliah IT Nurul Fikri, kamu bisa menjadi Jago Linux. karena para dosen / pengajar nya adalah para praktisi Linux.


seperti kata di video ini Program Profesi IT Jagoan Linux & Open Source


dan ini

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tau tentang linux. sedikit saya bahas tentang, Linux adalah  sebuah kernel / inti suatu sistem operasi komputer yang berisi baris kode perintah untuk menjalankan semua aplikasi pada komputer. Sedangkan kernel linux dibuat oleh Linus Torvalds pada tahun 1991.  Linux sendiri memiliki distro, distro itu sendiri adalah kumpulan paket-paket software tambahan semisal pengolah gambar, office suite, firewall, aplikasi voip dsb yang ditambahkan pada kernel linux itu sendiri. contoh yang terkenal adalah Debian, Slackware, OpenSuse, Gentoo, Ubuntu, dan lain-lain. Lebih lengkap mengenai daftar distro linux bisa dilihat pada situs www.distrowatch.com
Linux itu adalah Free Open Source Software, tetapi apakah kalimat "free" pada tiap distro itu gratis? kalimat "free" yang dimaksud tidak selalu gratis, kalimat free tersebut diambil dari kalimat "Freedom" yang berarti merdeka / bebas. akankah berarti juga gratis ? tidak juga, programmer atau distro berhak meminta bayaran / sumbangan yang pantas akan produknya. biasanya dalam bentuk dukungan korporat dan sumbangan bagi proyek software terkait. Lalu Apa Benar Linux Bebas dari serangan Virus? Sebenarnya Linux bukan bebas dari serangan virus, namun kasus infeksi virus atau malware sangat jarang terjadi pada Linux. Ini disebabkan karena konfigurasi dan struktur modul pada distribusi Linux dapat dirubah2 oleh siapapun sesuka kehendak hati, menyebabkan kinerja virus menjadi tidak efisien/efektif pada sistem operasi Linux. Misal, ketidak tersediaan shared library yg dibutuhkan oleh virus untuk berjalan karena tidak terinstal secara default. Selain itu versi sebuah distro Linux sangat sering dirilis dalam 1 tahun sehingga menambah dinamika perubahan struktur distribusi.
Berikut ini beberapa perintah - perintah dasar di console/terminal : ls = dir (di windoz) = melihat daftar (list) isi direktori man = melihat manual page perintah bersangkutan -h / --help = parameter help perintah bersangkutan free = melihat penggunaan RAM dan swap file top = melihat service yg berjalan secara live cat = melihat isi sebuah text file uname = melihat spesifikasi sistem netstat = melihat statistik koneksi internet fd = melihat available free space pada HDD cp = mengkopi file mv = memindahkan file mount / umount = melakukan mounting / unmounting pada sebuah drive pwd = melihat kita sedang berada di dalam folder/ direktori mana? whoami = untuk melihat kita login dgn username apa? whereis = mencari letak file tertentu clear = membersihkan layar
Banyak perintah console yang ada di linux, jika kamu ingin mengetahui nya kamu bisa Kuliah IT Nurul Fikri sehingga kamu bisa Jago Linux. Di Kampus Linux kamu bisa tahu bagaimana membuat sebuah mail server, kemudian cara memonitoring sebuah jaringan, menggunakan proxy squid pada linux, webserver, database dan banyak lagi yang akan kamu dapatkan di Kuliah IT Nurul Fikri.
Saat ini banyak perusahaan - perusahaan yang ber-migrasi ke Sistem Operasi Linux karena mereka harus   mengeluarkan biaya per-tahun nya untuk membeli lisensi jika mereka tidak menggunakan FOSS. sehingga mereka membutuhkan SDM yang Jago Linux. maka itu adalah kesempatan kamu.

1 komentar: